Rabu, 30 Juli 2014

Omura San Home Stay di Kabuyutan Cipaku

Alhamdulillah pada Senin tgl 9 Juni 2014 Kabuyutan Cipaku Darmaraja Sumedang kedatangan tamu kehormatan Omura San dari Majalah Antropologi Jepang yang berkenan meliput Wisata Kuliner dan Kampung Buhun Kampung Budaya Cipaku, menikmati sajian Liwet & Bakakak Ki Emun yang merupakan salah satu tokoh Adat Kabuyutan Cipaku yang memiliki keahlian membikin bakakak ayam kampung di rumah panggungnya Ki Emun langsung. Hari ke-2 Omura San juga menikmati Nasi Tumpeng & Pepes Ikan khas Kabuyutan Cipaku yang kaya akan bumbu dan rempah-2 alami di Tengah Sawah sambil berdo'a bersama agar panen tahun ini berhasil juga semoga Kabuyutan Cipaku tetap lestari tidak jadi digenangi oleh pemerintah.

Setelah beres berwisata Kuliner sebelum pulang Omura San berkenan treking ke sawah dan Hutan Titipan/ Hutan Larangan Situs Arkeologi Cipeueut Aji Putih Kabuyutan Cipaku, melihat langsung Punden Berundak 5. 3. 1 : Panca Tri Tunggal yg merupakan simbol monotheismeu Nusantara Purba, batu tunggal tea :). Alhamdulillah komentar Omura San Very Happy & Very Interesting pisan :).

Subhanalloh, masih banyak sebenarnya Potensi Ekonomi Kreatif yang bisa dikembangkan untuk menciptakan Regional Economic Development di Lemah Sagandu Kabuyutan Cipaku itu kalau tidak jadi digenangi. Comment dari Omura San dari Jepang sangat sayang lahan yang sangat subur, kampung buhun dengan arsitektur yang unik, hutan rimbun, situs megalitikum, dan juga yang paling penting kontur tanah yang relatif datar malah dijadikan Mega Dams. Semoga pemerintah berfikir ulang sebelum melakukan kecerobohan dengan menenggelamkan salah satu PUSAKA NUSANTARA, Peninggalan Leluhur yang seharusnya dijaga kelestarian dan keasriannya.

Hatur Nuhuuuuns Neng Kanti temen Mamang Alumni SMAN 3 Bandung yang mengeyam pendidikan S1 dan S2 di Jepang yang menjadi Interpreter/ Juru Bahasa dimana selalu setia menerangkan proses dan berbagai  kegiatan di Kabuyutan Cipaku dengan bahasa Jepang ke Omura San :).

Besar harapan Mamang dan Semoga Kabuyutan dan Budaya Tradisional ini dapat tetap terjaga kelestariannya :).

Selengkapnya foto2nya klik: https://www.facebook.com/kabuyutancipaku

Kalau rekan2 ingin mencoba sensasi kuliner bakakak ala Ki Emun atau menginap di saung panggung buhun ala Kabuyutan Cipaku mangga contact Mamang aja :).

Pun sapun kaluluhuran.

Hanupis : hatur nuhun pisan,
Mang Asep Kabayan
www.dkabayan.com
Save Kabuyutan, Save The World!
www.facebook.com/savejatigede/



















































Tidak ada komentar:

Posting Komentar